Bersihkan Sampah Plastik Hingga 2,5 Ton, Volunteer GPO Sentil Pendaki Nakal

Ayi Sopiandi
Volunteer Gunung Gede Pangrango Operation (GPO) saat setelah berhasil membawa turun sampah plastik di Area Gunung Gede Pangrango, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Volunteer Gunung Gede Pangrango Operation (GPO),   berhasil membawa turun sampah di area kawasan Gunung Gede Pangrango sebanyak 2,5 ton, Minggu (29/10/2023).

Sebelumnya, tim dari volunteer yang bergabung bersama warga di Kampung Gunungputri, Desa Sukatani Kecamatan Pacet start awal bersih-bersih sampah tersebut dari tanggal 23 hingga tanggal 29 Oktober 2023.

Sampah yang berhasil  dibawa turun dari gunung selama satu Minggu itu kurang lebih mencapai 2,5 ton, terdiri dari sampah non organik.

Ketua Umum Volunteer GPO, M Dudan Darmawan, mengatakan, kegiatan ini mengusung tema "Babakti Ka Gunung Gede Pangrango" (berbakti ke Gunung Gede Pangrango).

"Alhamdulillah Kegiatan Babakti ka Gunung Gede Pangrango ini telah kami laksanakan selama satu minggu, dan berhasil menurunkan sampah kurang lebih sebanyak 2,5 ton sampah Organik," kata Dadan, Minggu (29/10/2023).

Menurut Dadab, sampah yang berhasil diturunkan oleh Volunteer GPO ini adalah sisa-sisa dari Pendaki yang membuang sampah sembarangan.

"Sampah yang kami bersihkan itu, dari mereka (pendaki) yang membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Dudan pun mengimbau, agar pendaki memiliki kesadaran untuk membawa sampah turun kembali dari kawasan Konservasi khususnya di Gunung Gede Pangrango.

"Ya sampah yang berhasil kami kumpulkan tidaklah lain adalah bekas pendaki yang tidak membawa sampahnya kembali turun dari Kawasan, kami berharap agar pendaki memiliki kesadaran untuk membawa sampah turun kembali dari Kawasan Konservasi terkhusus di Gunung Gede Pangrango," harapnya.

Hal serupa diutarakan oleh Anggota Volunteer GPO lain, Agus Mulyana, agar kesadaran pendaki untuk kembali membawa sampah turun dari Gunung Gede Pangrango.

"Ya kami berharap para pendaki untuk lebih sadar terhadap sampah, apalagi sampah non organik yang kita ketahui sangat lama untuk terurai. Karena kalo bukan kita lagi yang menjaga Gunung Mau siapa lagi," tegas anggota Volunteer GPO tersebut

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network