Kontrol Kadar Air, DLH Cianjur Pasang Onlinmo di Tepi Sungai Cikundul

Dani Jatnika
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Sugeng, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur memasang alat Monitoring Online (Onlimo) dibeberapa sungai.

Onlimo yaitu sebuah perangkat otomatis yang berfungsi secara terus menerus melakukan pengawasan terhadap kualitas air sehingga bisa memantau apakah sungai tersebut sudah tercemar atau tidak.

Sekretaris DLH Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriatno, mengatakan bahwa untuk tahun ini sudah dipasang satu unit Onlimo di Sungai Cikundul di Kecamatan Cikalong Kulon.

Dengan alat ini bisa secara real time melihat 11 parameter uji kualitas air. Alat ini juga terkoneksi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sehingga bisa memantau kondisi air di Sungai Cikundul secara real time.

“Melalui alat ini kita bisa memonitor kondisi air sungai selama 24 jam dari potensi pencemaran akibat limbah industri, zat kimia hingga sampah,” ujar Sugeng kepada iNewsCianjur, Kamis (15/6/2023).

Sugeng menambahkan bahwa selama ini DLH Kabupaten Cianjur secara rutin dalam tiga bulan melakukan pengambilan sampel untuk mengukur kualitas air di tiga sungai yaitu Sungai Cianjur, Sungai Cisarua dan Sungai Cikundul.

"DLH sebagai instansi yang bertugas untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui upaya menjaga kualitas air agar sesuai peruntukannya, maka kami memasang Onlimo dan targetnya semua sungai besar di Cianjur bisa dipasang Onlimo," tambah Sugeng.

Dengan perangkat Onlimo yang berfungsi secara terus menerus melakukan pengawasan terhadap kualitas air, sehingga kedepan tidak lagi melakukan pengecekan secara manual dengan mengambil sampel untuk dilakukan uji laboratorium.

"Kita tinggal memantau di monitor dari kantor setiap hari terhadap kualitas air sungai yang sudah dipasang Onlimo. Jadi tidak perlu bersusah payah turun ke sungai," pungkas Sugeng.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network