Kunjungi UKM di Cirebon, Sandiaga Uno: Mereka Bisa Meningkatkan Pasar Ekspor

Dwi Prasetya
Menparekraf RI Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id- Kunjungan Sandiaga Uno ke Cirebon Jawa Barat, menargetkan melalui pembinaan holistik dari Anugerah Kreasi Indonesia (AKI) 2022, pelaku ekonomi kreatif bisa naik kelas dari usaha kecil menengah (UKM) menjadi usaha besar.

"Mereka bisa meningkatkan pasar ekspor," kata Menparekraf Sandiaga Uno, saat kunjungan ke Cirebon Jawa Barat, seperti dikutip di Akun FBnya, Selasa (21/6/2022) tiga hari lalu.

Ia mengatakan, mengembangkan produk-produk ekraf untuk naik kelas, dirinya terus mendorong pelaku ekraf Cirebon agar bisa mengenal pasar Indonesia dalam memasarkan produk-produknya. 

"Sebab pasar Indonesia dinilai sangat luas dan beragam," ujar Sandi.

Masih paparnya, pasar Indonesia sangat besar, oleh karena itu kita harus mampu untuk mengenali pasar kita. Kedua, bangun tim manajemen yang solid dan perkuat manajemen keuangan kalian.

"Ini tiga poin penting yang harus dipetik," imbuhnya.

Sandiaga menjelaskan, dengan mengembangkan produk ekonomi kreatif unggulan maka akan tercipta produk dengan kekhasan dari daerah tersebut. 

"Sehingga, nantinya akan mendorong bangkitnya perekonomian daerah," timpalnya.

Maka itu, ia juga mendorong pelaku ekraf Kabupaten Cirebon untuk mengembangkan dan menggali potensi yang dimiliki serta meningkatkan kualitas produknya melalui program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) kreatif Indonesia. Nah! Kabupaten Cirebon ini punya kuliner yang beragam dan enak-enak sekali, seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong. Selain itu ada produk fesyen seperti batik khas Cirebon. 

"Produk-produk subsektor ekraf inilah yang harus kita kembangkan dan tingkatkan kualitasnya," pungkas Sandiaga.

Editor : Nursidik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network